Manfaat Melakukan Meditasi Setiap Hari

Diposting pada
  1. Lebih Sehat

Latihan dan latihan fisik mungkin tidak cukup untuk mendapatkan kebugaran yang ideal. Banyak ilmuwan, ahli gizi, dan peneliti dari ilmu kesehatan gabungan telah mengindikasikan bahwa jalan menuju kebugaran terletak pada modifikasi gaya hidup holistik – termasuk makanan bergizi, latihan fisik, yoga, dan meditasi secara teratur.

Para psikolog setuju bahwa tujuan utama kebugaran adalah membuat pikiran dan tubuh berfungsi sama baiknya. Jika pikiran kita diliputi oleh perenungan negatif dan stres, ada kemungkinan yang sangat kecil bagi kita untuk mendapatkan manfaat dari program latihan apa pun.

Meditasi menyeluruh membantu membersihkan pikiran dan kepercayaan diri yang membatasi dan memberikan pasokan motivasi yang berkelanjutan ke otak dan tubuh untuk terus maju.

  1. Lebih Fokus

Beberapa studi tentang meditasi dan efeknya pada perhatian menunjukkan bagaimana meditasi meningkatkan perawatan dengan mengendalikan gelombang otak alfa. Gelombang alfa di otak bekerja dengan cara kita menggunakan organ indera kita dan merespons rangsangan eksternal.

Mempertimbangkan jumlah gangguan yang kita miliki di dunia yang didorong oleh media saat ini, tim ilmuwan penelitian ini membuat program meditasi kesadaran selama delapan minggu dan penilaian mengungkapkan bahwa peserta yang menyelesaikan retret menunjukkan kepekaan yang meningkat terhadap rangsangan visual, pendengaran, dan sentuhan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Studi tentang dampak meditasi dalam menurunkan risiko kanker menunjukkan bahwa latihan relaksasi dan meditasi yang disadari meningkatkan jumlah limfosit dalam tubuh, dan membantu mengembangkan perisai alami untuk melawan sel-sel beracun yang menyebabkan penyakit fatal.

Meskipun penelitian tersebut menghadapi kritik, temuan penelitian ini memberikan bukti substansial tentang bagaimana meditasi dapat membuat kita lebih kebal terhadap infeksi dan penyakit yang menyakitkan.

  1. Meningkatkan Memori Ingatan

Dengan meningkatkan perhatian dan fokus, meditasi membantu pikiran terasa lebih muda. Latihan meditasi seperti Kirtan Kriya, yang melibatkan pelafalan mantra bersama dengan beberapa gerakan jari tertentu untuk meningkatkan konsentrasi, dapat membantu meningkatkan daya ingat pada pasien demensia.

Selain mengurangi stres, latihan meditasi semacam itu juga mendukung hilangnya memori terkait usia dan masalah retensi memori. Para ilmuwan berpendapat bahwa mendorong orang dewasa yang lebih tua untuk berlatih meditasi sedikitnya dua menit per hari dapat membawa perbedaan yang signifikan dalam cara mereka melawan dan mengatasi disfungsi ingatan mereka.

  1. Membantu Menghilangkan Kecanduan

Mengatasi penyalahgunaan zat pada usia berapa pun membutuhkan banyak pengendalian diri dan disiplin. Meditasi membantu memecahkan penghalang ketergantungan yang kering. Penelitian menunjukkan bahwa menerapkan sesi meditasi dalam program rehabilitasi dapat membantu pasien dengan ketergantungan zat atau kecanduan untuk mengontrol impuls dan mengurangi gejala penarikan.

Penyalahguna zat yang secara teratur bermeditasi, menunjukkan lebih sedikit agresi dan keinginan. Juga, mereka memiliki tanda-tanda kesadaran diri yang tinggi dan biasanya pulih lebih cepat daripada non-meditator. Apakah meditasi secara langsung berkontribusi pada pengendalian kecanduan masih merupakan masalah penyelidikan, tetapi dampak meditasi dalam membawa perubahan mental yang positif pada pecandu tidak dapat disangkal dan diterima secara universal.

Gambar Gravatar
"Writing is self-expression, I hope this article is useful. thank you for reading." - Dewi Lestari -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *